Aturan Penulisan Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang

Aturan Penulisan Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang

Dalam mempelajari bahasa memiliki aturan sendiri-sendiri dalam menyusun kalimat, menulis ataupun pengucapannya. Nah begitu juga dalam bahasa jepang, di dalam bahasa jepang memiliki aturan dalam setiap penulisannya. Dan yang saat ini akan di bahas yaitu aturan dalam penulisan huruf:

  1. Hiragana

  2. Katakana

Aturan dalam huruf Hiragana yaitu:

  1. Huruf hiragana di gunakan dalam penulisan kata-kata bahasa jepang asli, Nama Orang, partikel bahasa jepang, furigana, dan oukiragana. Furigana adalah : Hiragana yang pengucapannya di atas kanji. Okurigana adalah, penulisannya yang diletakkan setelah kanji.

Memanjangkan vocal (choon) gunakan huruf め,い, う atau え yang sesuai dengan bungi vocal yang ingin dipanjangkan. Untuk memanjangkan vocal /o/ gunakanう, Kecuali hanya beberapa kata menggunakan わ.

Contoh : わじいちん(ojisan_ – kakek

おねえさん(oneesan) – kakak perempuan

あいぼお(aiboo) – rekan

/o/ yang menggunakan お misalnya おおきい(ookii)-besar

  1. Bunyii /o/ ditulis dengan お , kecuali partikel ditulis dengan を

Bunyi/wa/ ditulis dengan わ, kecuali partikel は

Bunyi/e/ ditulis dengan え, kecuali artikel dengan へ

  1. Menggandakan konsonan menggunakan (sokuon) gunakan tanda つ(つ yang ditulis kecil yang telah diletakkan sebelum konsonan yang ingin di gandakan.
  2. Perubahan huruf ん(hatsuon), bunyi dari huruf んdapat berubah-ubah menjadi /n/,/m/, atau /ng/, tergantung pada huruf berikutnya.

Aturan dalam huruf katakana yaitu:

  1. Katana di gunakan untuk :
  • Kata serapan dan nama asing, nama Negara, nama tempat dan nama orang. Nama orang jepang biasa ditulis dengan kanji. Nama orang jepang dengan mengambil nama orang asing juga ditulis dengan menggunakan huruf katakana.
  • Furigana dari kata-kata bahasa asing yang ditulis dengan romaji. Roomaji adalah sebutan orang jepang untuk abjad Romawi /Latin.
  • Kata-kata yang mendapatkan penekanan, seperti yang biasa ditulis dengan huruf tebal/capital/miring dalam bahasa Indonesia, walaupun kata ini merupakan bahasa jepang asli.
  • Tiruan suara binatang, benda, dll
  • Nama binatang dan tumbuhan, dll
  1. Untuk vocal panjang gunakan tanda ―, tanda ini dapat digunakan untuk semua vocal. Katakana yang ditulis dari hiragana atau kanji mengikuti aturan yang sama dengan hiragana.
  2. Penggandaan konsonan (sakuon)
  3. Perubahan bunyi (Hatsuon)

Nah aturan diatas merupakan sekelumit dari aturan penulisan dalam huruf hiragana dan katakana. Untuk kamu yang ingin lebih banyak mengetahui mengenai huruf hirgana dan katakana ataupun kamu ingin mempelajari bahasa jepang lebih jelas lagi kamu dapat mengikuti kelas bahasa jepang di LBC Depok. Info Open Class di Lbc Depok

Ayo bergabung untuk kamu yang sedang mencari tempat kursus dengan metode cepat tanggap. Kamu dapat menghubungi kami di:

No. Telp : 021- 77218672
Whatsapp : 0812 1298 4988 Go to Whatsapp
Instagram : lbcdepok
Website : Kursus Bahasa Jepang
Address : Jl. Margonda Raya No.70C – Depok

( sebelum Rabbani/ sebelum Showroom mobil Ford)